Senin, 14 Februari 2011

Geliat Membangun di Desa Cibeureum Manfaatkan PNPM Mandiri Pedesaan



Ciamis, LINTAS PENA

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) merupakan salah satu program skala nasional, yang bertujuan guna membangun saraa dan prasarana di pedesaan, termasuk dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Program pemerintah pusat ini tentu saja sangat membantu program pembangunan di pedesaan.

Hal itu diakui Agus Anwar, Ketua BPD Cibeureum Kec.Sukamantri kepada LINTAS PENA pekan kemarin. “Dengan adanya PNPM MP ini tentu saja sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, antara lain membuka lapangan kerja bagi masyarakat maupun membantu para pengusaha kecil yang membutuhkan penambahan modal usaha,”ujarnya.

Bahkan PNPM MP ini, lanjut Agus Anwar, sangat membantu program pembangunan bagi para kepala desa.Karena para kepala desa punya bekal untuk membangun desanya. Sebagaimana halnya program kerja Kepala Desa Cibeureum Didi Kamsidi selama ini.Karena itu tak mengherankan bila geliat pembangunan di desa ini sangat dirasakan warganya.

”Kami mendukung penuh terhadap program kerja Kepala Desa Cibeureum yang positif dan inovatif dalam membangun desa kea rah yang lebih maju,”tutur Agus Anwar yang juga Ketua BKAP Kec.Sukamantri.

Dia menjelaskan, geliat membangun di Desa Cibeureum dengan memanfaatkan sumber dana PNPM MP tersebut, antara lain untuk kucuran dana PNPM MP tahun 2009 dan 2010 telah membangun 9 buah Posyandu yang refresentatif dengan perlengkapannya Rp.33 Juta plus swadaya, juga membangun Raudhatul Aftal (RA) Al Hasanah Rp.103 juta ditambah Rp.45 juta swadaya masyarakat untuk membuat 2 ruang kelas baru (RKB) dan kantor.

“Kehadiran Posyandu yang memadai dan lengkap di tiap kedusunan, yang sumber dananya berasal dari program PNPM MP dinilai sangat penting, karena bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat,”jelas Didi Kamsidi

Selain itu, program Kepala Desa Cibeureum yang lain untuk kepentingan masyarakat yakni di tiap kedusunan (9 dusun) kini telah berdiri lembaga Pandidikan Anak Usia Dini (PAUD).”Dengan adanya lembaga PAUD di tiap kedusunan ini, maka diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya warga desa kami,”kata Didi Kamsidi.

Sementara itu, untuk PNPM MP tahun 2011 rencananya akan membangun sarana insfrastruktur jalan sepanjang 1.800 meter yang menghubungan Desa Maparah Kec.Panjalu dengan Desa Cibeureum Kec.Sumanatri, juga jalan antar dusun dari Dusun Cileunteung – Dusun Sasireum hingga menembus ke Desa Sindanglaya.(REDI MULYADI)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar