Senin, 14 Februari 2011

Drs.H.Adang Darajat,MM : ”Camat Sukamantri Yang Peduli Terhadap Dunia Pertanian”




PARA petani di wilayah Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis mengakui, kalau selama ini ’Sang Camat’ Drs.H.Adang Daradjat, MM sangat peduli terhadap kemajuan dunia pertanian, bahkan dengan terjun ke lapangan. Betapa tidak! Buktinya, kalau dia di undang untuk melakukan penyuluhan pertanian oleh BP3K Model Sukamantri, Gapoktan, P4S, kelompok tani hingga petani yang hendak panen raya, maka dia akan hadir jika tak ada halangan mendesak.

”Kalau diundang dalam acara penyuluhan pertanian atau kegiatan lain yang berhubungan dengan pertanian, Pak Camat Sukamantri pasti hadir, misalnya saat panen jagung di kelompk P4s Karangsari. Kepedulian beliau diakui para petani maupun kelompok tani,”ungkap Itang S,PKP, Kepala BP3K Model Sukamantri kepada Sinar Tani.

Drs.H.Adang Daradjat MM mengaku, bahwa kepeduliannya terhadap dunia pertanian karena dia merasa terlahir dari keluarga petani dan dunia pertanian besar manfaatnya bagi kehidupan masyarakat dunia. ”Namun yang terpenting, saya melihat bahwa wilayah Kecamatan Sukamantri sangat potensial di bidang pertanian, dan memerlukan sentuhan dari semua pihak termasuk dari pemerintah.Dengan adanya kepedulian dari pemerintah, para petani pun tampak antusias dalam membangun sektor pertanian ”ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa di Kec. Sukamantri mencakup 5 desa yang masing-masing desa memiliki produk pertanian unggulan yakni Desa Cibeureum dengan produk pertanian cabe merah, Desa Sukamantri adanya the rakyat, Desa Tengger Raharja produk jagung dan sapi, Desa Sindanglaya dengan tanaman ubi ‘garut’ ganyong, dan Desa Mekarwangi dengan produk kopinya. Kemudian di wilayah Kec.Sukamantri ini terdapat 64 kelompok tani, 5 kelompok wanita tani dan 3 kelompok taruna tani.

Bahkan, kini di kecamatan ini telah didirikan Pasar Agro di Desa Cibeureum yang lokasinya cukup strategis dan menjadi kebanggaan masyarakat tani.“Kecamatan Sukamantri memiliki dua core bussines yaitu agrobisnis dan agrowisata. Dengan adanya pasar agro ini, maka diharapkan produktivitas pertanian di wilayah Sukamantri akan semakin meningkat.Demikian pula, tingkat perekonomian bisa meningkat,”jelas H.Adang Darajat.

“Beberapa produk unggulan pertanian yang akan dikedepankan misalnya seperti cabai, strobery, buncis, semangka, sereh wangi, ganyong, kopi dan teh. Selain pertanian produk lain seperti peternakan dan perikanan juga akan disediakan,”tukasnya.

Karena kepeduliannya terhadap kemajuan pembangunan dunia pertanian di wilayah Kec.Sukamantri, maka tidaklah berlebihan bila Drs.H.Adang Daradjat MM mendapat penghargaan dari Bupati Ciamis sebagai Pembina P2BN Terbaik pada upacara peringatan Hari Krida Pertanian 2010 yang baru lalu.(REDI MULYADI)****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar